Siapakah Roh Kudus Itu?

T:  "Siapakah roh kudus itu? Saya pernah melihat nama/frasa ini pada beberapa bagian dari situs ini."

J kita:  Roh Kudus adalah suatu pribadi nyata yang datang untuk tinggal dalam pengikut Kristus yang sejati setelah Yesus bangkit dari kematian dan bertahta di surga (Kis 2). Yesus berkata pada muridNya....

"Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu. Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu." (Yohanes 14: 16-18)

Roh kudus bukanlah suatu yang samar, bayangan halus, maupun suatu kekuatan tanpa pribadi. Dia adalah suatu pribadi yang sama dalam segi apapun dengan Allah Bapa dan Allah Anak. Dia dianggap sebagai pribadi ketiga dari Allah tritunggal. Yesus berkata pada muridNya...

"Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." (Matius 28: 18-20)

Allah adalah Bapa, Anak, dan Roh Kudus. Dan semua gelar Ilahi pada Bapa dan Anak sama dengan Roh Kudus. Ketika seseorang lahir baru dengan percaya dan menerima Yesus Kristus (Yohanes 1:12-13; Yohanes 3:3-21), Tuhan tinggal dalam orang itu melalui Roh Kudus (1Kol 3:16). Roh Kudus memiliki pengetahuan (1 Kor 2:11), emosi (Roma 15:30) dan keinginan (1 Korintus 12:11)

Satu peran utama dari Roh Kudus adalah bahwa Dia melahirkan saksi Yesus Kristus (Yoh 15:26, 16:14). Dia mengisi hati orang dengan kebenaran tentang Yesus Kristus. Roh Kudus juga berperan sebagai suatu pengajar orang Kristen (1 Kor 2: 9-14). Dia mengungkap isi hati Tuhan dan kebenaranNya kepada orang Kristen. Yesus berkata kepada para muridNya....

"Tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu." (Yohanes 14:26)

"Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang." (Yohanes 16:13)

Roh Kudus diberikan untuk hidup di dalam setiap orang yang percaya kepada Yesus, untuk menciptakan karakter Tuhan dalam hidup seorang yang percaya. Dalam suatu cara yang tidak bisa kita lakukan sendiri., Roh Kudus akan membuat hidup kita penuh kasih, sukacita, damai, kesabaran, keramahan, kebaikan, iman, kelemahlembutan, dan penguasaan diri (Galatia 5: 22-23). Daripada mencoba untuk menjadi penuh kasih, sabar, dan ramah, Tuhan meminta kita untuk bersandar padaNya untuk menpunyai hal-hal itu dalam hidup kita. Demikianlah orang Kristen diperintah untuk berjalan dalam Roh (Gal 5:25) dan penuh dengan Roh Kudus (Efesus 5: 18). Dan Roh Kudus membekali orang Kristen untuk menunjukkan tugas-tugas pelayanan yang mendorong pertumbuhan iman diantara orang Kristen (Roma 12; 1Korintus 12, Efesus 4)

Roh Kudus juga berperan sebagai suatu fungsi bagi orang non-Kristen juga. Dia meyakinkan hati orang akan kebenaran Tuhan betapa berdosanya kita--memerlukan pengampunan Tuhan; betapa layaknya Yesus--Dia mati bagi kita, untuk dosa-dosa kita; dan penghakiman akhir oleh Tuhan pada dunia dan yang tidak mengenal Dia (Yoh 10: 8-11). Roh Kudus menarik hati dan pikiran kita, meminta kita untuk menyesal dan berbalik kepada Tuhan untuk pengampunan dan suatu hidup baru.

Kirim artikel ini

Bagaimana memulai sebuah hubungan dengan Tuhan