Apakah ada Perbedaan antara Orang Katolik dengan Kristen?

T:  "Apakah ada perbedaan antara menjadi seorang Katolik dan Kristen?"

J kita:  Ada banyak denominasi dan gereja Kristen: Katolik, Presbiterian, Metodis, Baptis, Lutheran, dan lain-lain. Menjadi salah satu anggota denominasi tersebut tidak menentukan apakah seseorang adalah Kristen.

Masalah sesungguhnya adalah apakah setiap orang secara pribadi memiliki Yesus yang hidup didalam dirinya? Apakah mereka sesungguhnya memiliki sebuah hubungan pribadi dengan Tuhan?

Dalam Injil Yohanes dikatakan :"Tetapi semua orang yang menerima-Nya [mengarah kepada Yesus] menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya."1 Mengapa kita harus menjadi anak-anak Allah? Karena sampai sekarang Tuhan jauh. Kita tahu bahwa Dia ada di sana. Kita tahu bahwa kita diminta untuk menyembahNya. Bahkan kita tahu bahwa Dia juga berdoa bagi kita. Tetapi ada suatu jarak yang kita sadari dan itu karena dosa kita.

Sekarang, selama kita hidup, bernafas, kita sedang akan berbuat dosa. Kita sedang akan melakukan hal-hal menurut jalan kita sendiri daripada jalan Tuhan. Tetapi dosa kita bukanlah suatu penghalang antara kita dengan Allah. Bagaimana bisa terjadi?

Alkitab berkata bahwa ada hukuman atas dosa dan mungkin lebih besar dari yang saudara harapkan. Hukuman atas dosa adalah kematian. Hukuman itu tidak hanya seperti pembunuhan. Tetapi itu adalah pengahakiman Allah atas semua dosa manusia. Alkitab mengatakan. "Tetapi upah dosa ialah maut..."1 Tetapi kita tidak akan mati dan terpisah selama-lamanya dengan Allah karena dosa kita. Yesus telah mati bagi kita. Dia telah membayar lunas dosa kita dan menawarkan pengampunan yang sempurna kepada kita, bukan pengampunan yang sementara. Bahkan kita juga mendapat pengampunan sekarang atas setiap dosa yang akan kita lakukan di waktu yang akan datang karena Yesus telah mati untuk semua dosa kita. Kita dapat langsung memulai suatu hubungan pribadi yang dekat denganNya karena dosa penghalang itu telah hilang. Itu bukan berarti kita menjadi sempurna dan tidak berdosa lagi. Tetapi kita telah diampuni ketika kita tahu bahwa Yesus telah mati bagi dosa kita.

"Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah, dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus."3

Ketika kita menerima Yesus dalam hidup kita, Tuhan menyatakan bahwa kita "tidak bersalah" lagi, tetapi Dia mengatakan bahwa sekarang kita telah dibenarkan dalam Tuhan. Hubungan kita dengan Tuhan telah dimulai dimana kita tidak lagi ada "diluar" Tuhan tetapi kita tahu bahwa Dia hidup didalam kita. Kita memiliki pengampunan Allah dan hubungan dengan Dia. "Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita."4 Jika saudara ingin memastikan bahwa saudara memiliki suatu hubungan pribadi dengan Tuhan, dosa yang diampuni dan tidak ada lagi penghalang antara saudara dan Tuhan, artikel berikut akan menjelaskan bagaimana caranya: Mengenal Tuhan Secara Pribadi.

(1) Yoh 1:12
(2) Rm 6:23
(3) Rm 3:23-24
(4) Rm 6:23

Kirim artikel ini

Bagaimana memulai sebuah hubungan dengan Tuhan