Dapatkah Saudara Menjelaskan Tentang Tritunggal?

T:  "Apakah doktrin tentang Tritunggal, Tritunggal yang Kudus itu?"

J kita:  Tritunggal adalah suatu istilah yang tidak ditemukan di dalam Alkitab namun sebuah kata yang di gunakan untuk menggambarkan secara jelas tentang Tuhan dalam kitab Injil. Alkitab dengan jelas mengatakan Allah Bapa, Allah Anak (Yesus Kristus), dan Allah Roh Kudus...dan juga dengan jelas menyatakan bahjwa hanya ada satu Tuhan. Demikian juga dengan istilah "Tri" berarti tiga dan "Tunggal" berarti satu, Tri+Tunggal = Tritunggal. Satu cara untuk mengetahui apa yang diungkap oleh Alkitab kepada kita tentang Tuhan, bahwa Tuhan adalah tiga "Pribadi" yang memiliki esensi sifat ketuhanan yang sama.

Beberapa orang telah mencoba memberi ilustrasi humanis untuk Tritunggal, seperti H2O menjadi air, es dan uap (semuanya berbeda bentuk, namun semua adalah H2O). Satu ilustrasi lain adalah sebutir telur memiliki satu cangkang , kuning telur dan putih telur, namun ilustrasi telur ini menunjukkan bahwa ada "bagian-bagian" dari Tuhan, yang bukan merupakan pokok permasalahannya.

Allah Anak (Yesus Kristus) adalah sepenuhnya Tuhan, Allah Bapa adalah adalah Tuhan sepenuhnya,dan Allah Roh Kudus adalah sepenuhnya Tuhan juga. Namun hanya ada satu Tuhan. Di dalam dunia kita, dengan pengalaman manusiawi kita yang terbatas, sulit untuk mengerti Tritunggal. Namun dari awalnya kita melihat Tuhan dengan cara ini di dalam Kitab Suci. Perhatikan kata ganti jamak "kita" dalam Kejadian 1:26 : "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."

Walaupun bukanlah suatu daftar yang lengkap,ini adalah beberapa kutipan dari Kitab Suci yang menunjukkan Tuhan adalah satu dalam Tritunggal.

  • "Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa!" (Ul 6:4)

  • "Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain; kecuali Aku tidak ada Allah." (Yes 45:5)

  • "Tidak ada Allah lain dari pada Allah yang esa." (1 Kor 8:4)

  • Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya, lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan." (Mat 3:16-17)

  • "Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus" (Mat 28:19)

  • Yesus berkata : "Aku dan Bapa adalah satu" (Yoh 10:30)

  • "Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa" (Yoh 14:9)

  • "Dan barangsiapa melihat Aku, ia melihat Dia, yang telah mengutus Aku" (Yoh 12:45)

  • Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus. (Rom 8:9)

  • "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus." (Mat 1:20)

  • Jawab malaikat itu kepadanya (Maria): "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah. (Luk 1:35)

  • (Yesus berkata kepada para muridNya) "Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu."...."Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia." (Yoh 14:16-17, 23)
 Saya ada pertanyaan...
 Bagaimana memulai sebuah hubungan dengan Tuhan
BAGIKAN ARTIKEL INI:  

TOP